Cara Meningkatkan Jumlah Tamu Menginap Di Homestay

Salam sukses untuk para pebisnis homestay, kali ini admin akan berbagi tentang Cara Meningkatkan Jumalh Tamu Menginap Di Homestay. Berbicara mengenai homestay, homestay adalah rumah singgah bagi pelancong untuk menikmati liburan. Homestay masih menjadi primadona untuk rujukan tempat singgah menghabiskan waktu istirahat selama mereka jalan jalan atau menghabiskan liburan di tempat tujuan.

Peluang ini sangat menjanjikan untuk para pebisnis homestay untuk melakukan berbagai cara agar para tamu yang menginap merasa betah. Banyak sekali yang memakai slogan feels at home, homi banget, serasa dirumah sendiri dsb. Diyakini mampu membuktikan bahwa homestay tersebut sangat nyaman disinggahi.

Berbagai konsep pun tak luput untuk membuat homestay kian unik, instragrammable, fasilitas ekslusif yang mana hanya ingin tamu menginap merasa kebutuhan untuk istirahat dan menghabiskan waktu lelah bersama keluarga terasa memuaskan.

Namun berbagai hal diatas terlihat sangat kurang jika tidak didukung dengan ide-ide atau memikirkan Cara Meningkatkan Jumlah Tamu Menginap Di Homestay. Banyak sekali pebisnis homestay yang gulung tikar dikarenakan mereka hanya mengandalkan tamu on the spot alias dadakan. Cara tersebut sungguh masih awam jika masih diterapkan.

Nah admin mempunyai tips-tips untuk meningkatkan jumlah tamu menginap di homestay yang bisa para pembaca terapkan di homestay anda. Simak berikut ini!

Ada 5 cara ampuh untuk meningkatkan jumlah tamu menginap di homestay atau dalam bahasa resminya pemasarannya yaitu:

  1. Mendaftarkan Homestay di OTA (Online Travel Agent)

OTA (Online Travel Agent) saat ini menjadi rujukan utama bagi para tamu untuk memesan kamar secara online. Para pebisnis homestay seharusnya mulai bergerak untuk meng-online kan propertinya di OTA seperti Traveloka, Booking.com, Tripadvisor, Agoda dan masih banyak lagi lainnya. Para pebisnis homestay harus mencari informasi bagaimana cara mendaftarkan propertinya dan cara menggunakan sistem booking online tersebut. Sangat merugi jika tidak mendaftarkan homestay anda di salah satu OTA diatas.

2. Mulailah aktif pemasaran lewat sosial media

Sosial media menjadi sangat penting dimana menurut data statistika bahwa Indonesia merupakan pengguna sosial media terbesar di dunia. Peran sosial media sangat membantu pemasaran homestay anda. Anda harus memikirkan untuk mendaftarkan properti anda di sosial media seperti facebook dan instagram. Buatlah fanspage facebook homestay anda untuk menjadi tempat rujukan online di sosial media dimana tamu bisa memberi masukan dan meningkatkan pemasaran homestay anda. Lalu buatlah instagram untuk properti anda dimana tamu bisa melihat bagaimana kondisi homestay, testimoni homestay, dan berbagai ulasan terkait homestay anda. Jangan lupa pula untu aktif selalu didalamnya, jangan hanya dibuat saja. Aktiflah secara berkala, update harian, share, posting, tentang testimoni, galeri homestay, dsb.

3. Daftarkan homestay anda di Google Maps

Para wisatawan biasanya sering sekali bingung ketika mereka telah memesan homestay namun mereka tidak menemukan petanya di Google Maps. Oleh karena itu mereka enggan untuk kembali menginap di homestay tersebut. Jadi, bagi para pebisnis homestay seperti anda seharusnya mendaftarkan properti di Google Maps agar tamu menginap akan lebih mudah mengikuti petunjuk dari Google Maps dan tidak banyak bertanya ke anda. Selain itu dengan mendaftarkan properti di Google Maps, tamu mampu memberi ulasan atau kesan menginap di homestay anda, sehingga hal ini sangat baik sekali untuk pencarian homestay anda di Google pencarian.

4. Carilah agen-agen lain seperti tour & travel, blogger, vlogger, komunitas untuk membantu meningkatkan pemasaran homestay anda.

Dengan banyak komunitas, bekerja sama dengan tour & travel, sharing bareng blogger & vlogger, maka pemasaran homestay anda dipastikan meningkat. Tidak hanya menguntungkan dari segi pemasaran tetapi menguntungkan sekali dari segi branding homestay anda. Jadi, jangan hanya menjadi pebisnis yang menyendiri atau tertutup, sekali-kali ikutlah bersama mereka, ajaklah mereka untuk bekerja sama dengan anda.

5. Anda tidak mampu melakukan semua hal diatas? Hubungi The Grand Java Management.

Terkadang para pebisnis homestay tidak mmempunyai waktu luang untuk mengurus hal hal rumit namun simpel seperti pemasarannya. Anda yang berada jauh dari lokasi homestay tentu akan sangat menyulitkan dan mempersempit waktu anda hanya untuk mengurus homestay anda sendiri. Kebanyakan para pebisnis homestay hanya investasi rumah saja walau ada pemikiran untuk dijadikan homestay namun mereka tidak mampu untuk mengelolanya. Oleh karena itu The Grand Java – Homestay Management di Yogyakarta hadir kepada para pebisnis homestay seperti anda yang tidak mempunyai waktu luang untuk mengelolanya, mempunyai rumah kosong menganggur tak terurus,dsb. Silahkan ajukan homestay anda untuk bekerja sama dengan kami. Terbukti! bahwa homestay yang dikelola oleh The Grand Java tidak pernah SEPI dari pengunjung atau tamu menginap bahkan mereka kembali untuk menginap karena mereka puas dengan sistem manajemen kami. Hubungi Tino Ady di Call/WA/Text : 0853.2551.0147 atau bisa klik KIRIM PROPOSAL. 1×24 jam kami pasti menghubungi anda kembali.

Demikian admin kali ini bagikan beberapa Cara Meningkatkan Jumlah Tamu Menginap Di Homestay. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya para pebisnis homestay dan mulai memikirkan untuk membuat homestay anda ramai setiap hari.

By | 2017-10-10T01:51:28+00:00 October 10th, 2017|Perhotelan|